FENOMENA CINA DI INDONESIA

Kita harus jujur mengakui kelebihan orang Cina dalam urusan mengejar dunia. Segala cara bisa mereka gunakan untuk mencapai ambisinya. Sudah bukan rahasia lagi, kalau para ‘toke’ sangat lihai memanfaatkan setiap peluang yang ada dimana mereka merantau. Di nusantara mereka bergerak dibidang ekonomi dan perdagangan. Wajarlah kalau mereka dikenal golongan berada dan cepat meningkat status sosialnya.
Dalam dunia politik dan kekuasaan, sejak zaman kolonial mereka menempati posisi warga negara kelas dua setelah penjajah Belanda. Mereka sudah dikenal sebagai donatur para calon wedana dan adipati kalau ingin diangkat oleh penjajah Belanda. Predikat sebagai penyandang dana bagi aktor-aktor politik dan kekuasaan termasuk aparat penegak hukum itu tetap terpelihara hingga kita merdeka dan bahkan semakin massif sekarang ini. Namun saya mencermati, para toke atau taipan atau Aseng saat ini sudah tidak sabar ‘hanya’ sebagai penyandang dana bagi elit-elit politik dan oknum-oknum penegak hukum yang potensial dipromosikan ke atas.
Setelah berhasil mengutak-atik konstitusi negara melalui amandemen UUD 1945 oleh kaki-tangannya di lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif. Para WNI Keturunan Tionghoa yang sejak zaman kolonial memang menguasai perekonomian, sekarang sudah ‘kebelet’ masuk di ranah kekuasaan politik secara langsung. Coba perhatikan partai-partai besar dan baru muncul yang dipimpin oleh WNI Keturunan Tionghoa.
Targetnya tentu saja bernafsu ingin jadi Presiden Indonesia. Ya target Presiden secara riil harus mereka rebut. Hitungan mereka sangat rasional mengingat fakta keberhasilan mereka menentukan penempatan orang-orang binaannya serta mempengaruhi kebijakan-kebijakan strategis dilembaga vital negara selama ini. Sudah banyak juga contoh WNI keturunan Cina yang sukses di kancah politik nasional. Sebut misalnya Setya Novanto, Hary Tanoe, Basuki Tjahaya Purnama (Ahok), dan lain-lain.
Siswanto RawaliDosen Fisip Unlam Banjarmasin, Wakil Sekjen PP Pemuda Muhammadiyah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FITUR, MANFAAT, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DARI BEBERAPA CONTOH APLIKASI NEW MEDIA

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

KEPITING LABA-LABA RAKSASA