BISNIS INFORMATIKA
Definisi Bisnis Secara Umum
Pengertian
Bisnis adalah suatu kegiatan yang
dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi,
penjualan, pembelian, maupun pertukaran barang/ jasa, dengan tujuan untuk
mendapatkan keuntungan atau laba.
Dalam
ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa
kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Kata
“bisnis” berasal dari bahasa Inggris, yaitu “business” yang
artinya kesibukan dalam konteks individu,
komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan
pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Definisi Bisnis Menurut Para Ahli:
1. Hughes dan
Kapoor
Menurut
Hughes dan Kapoor, definisi bisnis adalah suatu kegiatan individu yang
terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan
keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
2. Brown dan Pretello
3. Jeff Madura
4. L. R. Dicksee
Jenis dan Tipe Bisnis di Bidang Teknologi Informatika:
Software House ( pembuatan software sesuai permintaan ) adalah Seorang atau
sekelompok orang atau perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan
atau perbaikan perangkat lunak (software). Software house biasanya menerima
pembuatan atau perbaikansoftware, database, website, program accounting
lengkap, termasuk inventory management, purchasing/ selling products and
services, Account based dan support online system, IntelliGuard-EYE: program
security kamera ( cctv/ webcam) dengan kemampuan mendeteksi gerakan sehingga
dapat memaksimalkan kapasitas hardware yang tersedia jaringan & SEO bisa
untuk semua jenis usaha ( Perusahaan, tokoh, kasir, hotel, restaurant, maupun
personal).
Menurut
Brown dan Pretello, pengertian bisnis adalah lembaga yang menghasilkan barang
dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat serta semua hal yang mencakup berbagai
usaha yang dilakukan pemerintah maupun swasta tidak peduli mengejar laba
ataupun tidak.
Menurut
Jeff Madura, pengertian bisnis adalah perusahaan yang menyediakan produk atau
layanan yang diinginkan oleh pelanggan.
Menurut L.
R. Dicksee, definisi bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya
bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang
berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.
Definisi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Secara
Umum
Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh
peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK
(Teknologi Informasi dan Komunikasi) mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses,
penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan
teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan
alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke
lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah
dua buah konsep yang tidak terpisahkan.
Jadi pengertian TIK adalah sebuah media atau alat
bantu yang digunakan untuk transfer data baik itu untuk memperoleh suatu data /
informasi maupun memberikan informasi kepada orang lain serta dapat digunakan
untuk alat berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah.
Definisi Umum Bisnis
Informatika
Bisnis
informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang
yang memiliki nilai (value) dengan
tujuan mendapatkan keuntungan (profit)
yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi
informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi,
seperti internet.
Internet merupakan kebutuhan pelengkap atau masih merupakan
kebutuhan yang mewah bagi sebagian masyarakat. Di zaman ini, kebutuhan internet
sudahlah menjadi kebutuhan sekunder bahkan primer. Hal ini dikarenakan
perkembangan pola pikir dan hidup masyarakat ditambah maraknya teknologi
muktahir yang memungkinkan pencapaian informasi yang mudah didapat dan cepat.
Akses internet pun kian mudah didapatkan. Hal ini mendorong para pebisnis untuk
memanfaatkannya dengan beragam cara untuk memajukan usahanya.
Jenis-Jenis dari Bisnis
Informatika
Saat
ini, perkembangan bisnis informatika berkembang dengan pesat. Hal ini dapat
dilihat dari banyaknya usaha yang dibangun memanfaatkan perkembangan teknologi
informatika, contohnya warnet, jual- beli online ( e-commerce ), konsultan IT,
Software house, infrastuktur komputer dan masih banyak lagi. Maraknya
perkembangan bisnis informatika di indonesia tidak lepas dari sedang berkembang
pesatnya teknologi yang ada di indonesia dan banyaknya pengguna teknologi itu
sendiri. sebagai contoh, banyaknya e-commerce ( jual beli barang di internet )
yang terbentuk berbanding lurus dengan semakin banyaknya pengguna internet. Hal
inilah yang menjadi salah satu faktor penting pesatnya perkembangan bisnis
informatika di indonesia.
Dilihat
dari faktor – faktor diatas dapat disimpulkan saat ini bisnis informatika
sedang berkembang pesat di seluruh dunia, khususnya di indonesia. seiring
dengan berkembangnya jaman tidak bisa dipungkiri bahwa mungkin suatu saat nanti
seluruh bidang bisnis akan terhubung dengan bidang informatika.
1. Produk
Hardware
/ Perangkat Keras adalah bisnis yang melakukan penjualan
terhadaphardware/perangkat keras.
Software
/ Perangkat Lunak adalah bisnis yang melakukan pejualan terhadap
software/perangkat lunak
2. Jasa
E-commerce
( jual-beli online ) E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi
bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi
yang paling utama (Robert E. Johnson).
Infrastruktur
Komputer adalah bisnis Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi
dan komputer, seperti Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.
IT
consultant menangani konsultasi di bidang IT, meliputi saran bisnis,
menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam
sistem IT.
Perkembangan
Bisnis Informatika di Indonesia dan di Dunia
Perkembangan
bisnis TI di Indonesia cukup drastis, hal ini didukung
dengan naiknya kebutuhan pada teknologi
informasi, yang
mana pada sekarang ini hampir semua kegiatan dan pekerjaan kita menggunakan
beberapa hal dari dunia teknologi informasi.
Perkembangan
ini dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti dalam dunia bisnis. Bisnis dalam
bidang informatika ini memiliki peluang yang cukup baik dan cukup menjanjikan.
Karena itulah banyak orang yang mencoba untuk menggeluti bidang ini, seperti
bisnis hardware, software dan penyedia layanan konsultasi dan bisnis jual-beli
online.
Sekarang
ini banyak perusahaan- perusahaan yang melakukan bisnis online, seperti
penjualan sepatu dan baju (toko online), mainan, bahkan makanan juga bisa
dipesan secara online. Hal ini terjadi karena internet seperti yang kita
ketahui dapat menembus batas ruang dan waktu.
Oleh
karena itu, kualitas sumber daya dan fasilitas dalam bidang TIK harus selalu di
tingkatkan untuk mendukung kegiatan bisnis yang semakin maju dan mungkin akan
semakin bertambah peminatnya. Dan kita harus memperbesar porsi lokal dalam
dunia bisnis teknologi informatika di Indonesia.
Perkembangan
teknologi informasi dan komputer menyebabkan perubahan kultur kita sehari-hari
yang disebut dengan “information age”. Media elektronik menjadi salah satu media andalan
untuk melakukan komunikasi dan bisnis. Meskipun penggunaan media elektronik ini
belum dimengerti, akan tetapi desakan bisnis menyebabkan para pelaku bisnis mau
tidak mau harus menggunakan media elektronik ini.
Seperti
yang kita tahu permasalahan di dunia ini adalah “ruang dan waktu” oleh karena itu penerapan teknologi informatika
sangat dibutuhkan, maka dibutuhkan sebuah penerapan teknologi ini untuk
memecahkan masalah. Karena banyaknya permintaan dalam teknologi informasi dan
komputer di Indonesia dalam segala bidang maka munculah perusahaan-perusahaan
yang bergelut dalam bisnis informatika ini. Seperti contohnya adalah penyedia
layanan internet, software
house,
hosting, dll.
Perkembangan
bisnis TI di Indonesia belakangan ini terjadi peningkatan yang sangat pesat
mengingat kebutuhan akan dalam bidang ini sangatlah besar dari tahun ke tahun.
Ini menjadikan bisnis informatika menjadi salah satu bisnis yang mempunyai
potensi yang cerah untuk kedepannya. Hal ini juga harus didukung oleh sumber
daya yang berkualitas, melihat kualitas teknologi informasi dan komputer yang
dituntut semakin baik setiap saatnya.
Saat
ini dunia TI mengalami banyak perkembangan terutama dalam bidang bisnis. Pada
lingkungan bisnis, kehadiran teknologi informasi mulai disadari dapat
menghadirkan berbagai solusi yang dapat membantu proses bisnis yang ada dan
mengoptimalkan efesiensi bisnis berbasis teknologi informasi. Perkembangan
teknologi informasi telah berkembang luar biasa hebatnya baik dari sisi
perangkat keras, perangkat lunak, atau sumber daya manusia yang
mendayagunakannya.
Salah
satu media yang digunakan dalam mengembangkan bisnis di dunia Informatika
adalah internet. Internet adalah jaringan komputer tanpa mengenal batas jarak
dan waktu yang didalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai
yang statis hingga dinamis dan interaktif. Maka dari itu banyak orang bahkan
perusahaan memanfaatkan internet sebagai ladang bisnis, mulai dari menjual
jasa, penjualan dan pembelian produk bahkan pemasaran suatu produk perusahaan.
Dunia
bisnis dibidang TI akan berkembang pesat dan mengalami kemajuan dengan adanya
media informasi dan perangkat teknologi yang makin canggih
Dari
dunia Maya atau internet inilah lahir sebuah social media. internet dan social media bisa menjadi
alat bagi perusahaan untuk mengenal pasar dan konsumennya. sekarang iklan
standar yang ada di televisi , majalah, atau radio tidak lagi menjadi referensi
utama bagi orang – orang yang ingin membeli sebuah
produk. social media seperti ( facebook, twitter , dll ) justru menjadi alat
promosi yang lebih efektif untuk melakukan promosi. kita ambil
contoh blog dan website jejaring social. kedua
layanan ini bisa mempengaruhi penilaian masyarakat terhadap sebuah produk.
sebelum membeli laptop misalnya, kita bisa googling dulu untuk mencari
link – link yang berisi review – review terhadapa produk laptop yang akan kita beli
tersebut. social media efektif sebagai ajak untuk beriklan. selain mampu
menjangkau banyak audiens, iklan social media jauh lebih diingat dan
menimbulkan rasa penasaran banyak orang.
Lima
model bisnis TIK
Pada
umumnya sekarang ini dikenal ada 5 model bisnis TIK yang paling menonjol dalam pemanfaatan
HAKI, dan di bawah ini beberapa contonya dari perusahaan anak bangsa Indonesia
(huruf miring) dan juga perusahaan asing :
1.
Lisensi produk software (contohnya perusahaan pembuat perangkat lunak seperti
Andal Software, Dycode, Oracle, dsb)
2. Iklan
(contohnya Detik.com, Google, dsb)
3.
Software sebagai layanan (contohnya Infisys Pushmail, Salesforce.com, dsb)
4.
Penjualan perangkat keras (contohnya Zyrex, Axioo, Apple, dsb)
5.
Penjual jasa konsultasi, integrasi, perawatan, training dsb (contohnya Inixindo, Sigma,
Redhat, dsb)
Referensi:
http://ilalmo.blogspot.com/2015/01/perkembangan-bisnis-ti-di-indonesia.html
http://indahyuanasari.blogspot.com/2014/10/artikel-bisnis-informatika.html?m=1
Komentar
Posting Komentar