Contoh Template Rencana Bisnis

Kue SiManis
Jl.Margonda Raya No.50A Kota Depok
N0.Telp : 021-882234


Ringkasan Eksekutif

Rencana bisnis kuliner mungkin menjadi salah satu bisnis yang banyak dilakukan pada saat ini. Toko SiManis, merupakan bisnis makanan yang menyajikan kue . Para pecinta kue tidak perlu takut dengan berat badan atau diabetes jika ingin mengkonsumsi kue SiManis, karena kue dibuat dengan bahan-bahan pilihan yang sehat. Selain itu harga kue SiManis terjangkau.

Tujuan 1

Produk SiManis memiliki tujuan agar penikmat kue bisa merasakan sensasi baru ketika membeli produk SiManis, dengan bahan – bahan pilihan dan cita rasa yang kuat, kami yakin produk SiManis akan digemari oleh masyarakat. Target penjualan SiManis untuk seluruh masyarakat

Tujuan 2

Pemasaran tokoh simanis ini dilakukan dengan menggunakan social media dengan tujuan agar mempermudah masyarakat dengan tidak datang ke toko namun bisa menikmati kue SiManis.


Tujuan 3

Toko SiManis ini menargetkan profit margin sebesar 40% sehingga laju pertumbuhan dari toko  ini dapat terus meningkat pada tiap tahunnya

Pernyataan Misi
Toko Si Manis mempunyai misi agar para pecinta kue dapat merasakan cita rasa baru dan makan kue dengan bahan-bahan pilihan yang sehat. Selain itu agar bisnis kuliner SiManis ini menjadi pilihan masyarakat untuk membeli atau mengkonsumsi kue ini.


Perusahaan

Toko kue SiManis ini menjual kue dengan berbagai rasa. Melalui distribusi finegroup. Kue ini dijual kepada masyarakat khususnya masyarakat depok, karena toko SiManis berlokasi di Depok, Jawa Barat.

Kepemilikan Perusahaan
Kepemilikan perusahaan kue SiManis adalah Persekutuan Komanditer atau Commanditaire Vennotschaap/CV.


Sejarah Perusahaan

Perusahaan didirikan kurang lebih baru dua tahun, dengan tujuan memberikan hidangan baru kepada masyarakat penggemar kue. Perusahaan akan berkembang dengan berjalannya waktu dan dengan pemasaran yang tepat. Toko dan kantor kue SiManis terletak dikota Depok. Perusahaan ini masih tergolong sangat baru dan tim memutuskan untuk memulai bisnis karena dari berbisnis baik kuliner ataupun yang lain akan membuat kita banyak belajar dan berinvestasi yang tepat.


Lokasi dan Fasilitas Perusahaan

Lokasi SiManis berada di jl.margonda raya No.50 Kota Depok. Fasilitas yang ada di toko SiManis yaitu bisa makan ditempat atau take away . SiManis menyediakan ruangan full ac yang sangat nyaman. Status penyewaan toko SiManis sudah menjadi status untuk kantor atau tempat usaha.


Produk dan Jasa

Pada toko SiManis menyediakan beragam macam kue yang dapat dinikmati oleh masyarakat.
Dimana kue dapat dibeli ditoko ataupun melalui jasa layanan antar makanan online.
Barang dan jasa saling melengkapi dimana pada usaha ini dibutuhkan banyak jasa misal pembuat kue, dan karyawan – karyawan yang terlibat didalamnya.


Deskripsi Barang dan Jasa

Barang/Jasa 1

SiManis menyediakan kue, baik kue untuk ulang tahun atau acara tertentu, maupun kue untuk makanan ringan.
Jadi kue atau makanan ringan SiManis dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat.

Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Barang/Jasa
Orang – orang harus membeli kue atau produk kita karena harga yang terjangkau dan cita rasa yang kuat dan berbeda.
Sifat penjualan toko SiManis adalah dengan menjual kue dengan harga yang cocok untuk semua kalangan, dan dengan fasilitas di toko yang akan membuat konsumen untuk datang dan membeli.



Layanan Konsumen/Tindak Lanjut Layanan
SiManis menawarkan pelayanan baik datang langsung ke toko, atau dengan aplikasi pengantar makanan online. Kita menawarkan produk kita berdasarkan fakta dan kualitas agar masyarakat puas dengan SiManis.


Analisis Pasar

Analisis Industri

Toko kueh ini berdiri pada daerah ramai penduduk. Rata-rata mahasiswa, pekerja kantoran, mall, dan lainnya. Untuk saingan bisnis yang ada disekitar toko terdapat toko makanan fast food, makanan rumahan, kafe, dan lain sebagainya. Dengan adannya toko kueh ini diharapkan dapat membuat sesuatu yang beda dari toko lain.



Peramalan Pasar/ Pasar Sasaran
Toko kue ini memiliki pasar yang cukup baik. Karena rata rata yang berjualan di sekitar toko kebanyakan menyediakan makanan berat. Jadi peluang untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan kue ini cukup besar


Kunci untuk Sukses

Kualitas Bersaing 1
Kualitas rasa kue yang tinggi

Kualitas Bersaing 2
Harga yang diberikan sangat ekonomis

Kualitas Bersaing 3
Kenyamanan pelanggan menjadi prioritas kami

Strategi Bisnis dan Implementasi
Pada toko kue kami menyediakan beraneka ragam jajanan kue manis yang menyediakan beraneka ragam rasa yang setiap minggunya akan ada rasa atau varian baru


Periklanan

Media untuk mempromosikan toko simanis ini adalah dengan menggunakan social media, spanduk, dan brosur.


Strategi Pemasaran

Toko simanis ini memfokuskan pada mahasiswa/mahasiswi dan pekerja kantoran yang sering melakukan ngumpul ngumpul



Rencana Penjualan


Penjualan ini dilakukan dengan cara online, datang ke toko, atau pun telfon. Toko simanis ini menggunakan tenaga penjualan yang sudah terlatih. Karyawan yang bekerja setiap bulannya diberikan gajih secara intensif



Analisis Strategi

Kami berusaha untuk bekerja sama dengan para client kami atau para produsen sehingga kami mendapat tambahan pemasukan sebagai komisi/alternatif pemasukan yang dapat dikembangkan di kemudian hari sehingga kami bisa berkembang. Kami juga ikut serta dalam distribusi barang dengan tambahan biaya namun dapat mempermudah konsumen produk dan kami menerima permintaan untuk mencarikan kebutuhan konsumen saat ini, sebagai alat/strategi kami mengetahui selera pasar dan menjadi inspirasi buat kami untuk maju mengikuti selera pangsa pasar. Untuk pemasaran bersama menjadi saling menguntungkan kami memberikan dan membantu produsen dalam pelayanan jasa periklanan dengan harga terjangkau dan kami ikut terangkat karena semakin banyak iklan yang kami buat semakin banyak id kami disebarkan dan diketahui para pengguna internet.


Organisasi

Toko kami terdiri dari 5 bagian yaitu: Sekretaris, Marketing, Teknisi dan Bendahara.
Jumlah Pegawai Tetap: 5
Jumlah Freelance : 3

Struktur Organisasi

Tim Manajemen
Nama, Posisi dan Latar Belakang

Nama : Sovina
Posisi : Pemimpin Perusahaan
Latar Belakang : Sovina adalah seorang mahasiswi gunadarma semester 7. Orang yang aktif ia selalu mengikuti kegiatan di kampus maupun diluar kampus. Orang yang termasuk pekerja keras

Nama : Viona
Posisi : Sekretaris
Latar Belakang: Viona adalah seorang mahasiswi gunadarma semester 7. tergolong orang yang kurang aktif melakukan kegiatan didalam kampus. Tetapi jika dibutuhkan dia siap membantu dan bekerja sama tim dengan baik


Nama : Novi
Posisi : Bendahara
Latar Belakang: Novi seorang mahasiswi gunadarma  semester 7. Bisa mengatur keuangan dengan baik.



Nama : Deni
Posisi : Teknisi
Latar Belakang: Deni seorang mahasiswa gunadarma semester 7. Walaupun orang nya pemalas dalam urusan perkuliahan, tetapi selalu siap jika diberikan tugas dalam tugas berkelompok ataupun tugas individual.



Nama : Dita
Posisi : Marketing
Latar Belakang: Dita seorang mahasiswa gunadarma semester 7. Orang yang tergolong tepat waktu dan disiplin juga teliti dalam menghitung. Juga sangat senang bekerja dalam tim.



Nama : Yunis
Posisi : Marketing
Latar Belakang: Yunis seorang mahasiswa gunadarma semester 7. Berjiwa pemimpin, tegas dalam bertindak, disiplin waktu dan bisa diandalkan di dalam tim


Kesenjangan Tim Manajemen

Dari awal dibangun nya Toko Kue SiManis ini memang karena dilatar belakangi kesukaan tim dengan kue dan dimana latar belakang tim adalah di bidang Teknologi Informasi, maka kami merasa perusahaan kami masih kekurangan dalam hal mengurus keuangan dan hukum bisnis kami. Kami akan mengatasi nya dengan membuka lowongan posisi bidang keuangan dan hukum.



Pertimbangan Tim Manajemen Lainnya

Dalam menjalani bisnis kami, dari awal kami sudah bertekad untuk tidak menjadikan pesaing bisnis kamis sebagai lawan. Karena kami yakin setiap bisnis memiliki “keuntungan” nya masing-masing. Karena ketika kami fokus pada persaingan kami pasti hanya akan memikirikan bagaimana caranya mendapatkan keuntungan besar dengan berbagai cara tanpa dan mengakibatkan kami tidak memiliki hubungan yang baik dengan pesain. Sedangkan toko kami sesuai dengan nama nya SiManis, kami ingin memiliki hubungan yang manis tidak hanya dengan customer tapi juga dengan pesaing.



Analisis Keuangan
Jelaskan atribut keuangan utama perusahaan kita, misalnya proyeksi aliran kas, dan keuntungan bersih untuk tiga tahun kedepan; return on investment; atau internal rate of return. Jelaskan fluktuasi yang mungkin terjadi dari penjualan musiman.



Rencana Keuangan
Sepanjang proyeksi pro forma, kita perlu meringkas point-point penting dari rencana atau strategi keuangan kita. Rincilah bagaimana kita Specify how you merencanakan keuangan kita.



Kapitalisasi dan biaya Start-Up
Bagian ini mencakup biaya start-up dan tabel kapitalisasi. Ringkaslah informasinya dalam tabel tersebut dalam paragraph awal Garis bawahi total biaya yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kita, identifikasi asset utama perusahaan, dan/atau daftar pemilik dan investasi mereka.



Catatan: Jika perusahaan kita sudah berjalan abaikan bagian ini.
Biaya Start-Up
Laporan Keuangan

**Bagan ini harus diisi untuk melengkapi rencana bisnis kita.


Estimasi Biaya

Catatan: Pengeluaran dapat dibuat daftar apakah tetap atau variable. Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah dari bulan ke bulan sesuai volume penjualan. Misalnya, sewa dan asuransi adalah biaya tetap. Biaya variable adalah biaya yang akan berubah sebagai akibat perubahan volume penjualan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

FITUR, MANFAAT, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DARI BEBERAPA CONTOH APLIKASI NEW MEDIA

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

KEPITING LABA-LABA RAKSASA