Contoh Template Rencana Bisnis
Kue
SiManis
Jl.Margonda Raya No.50A Kota
Depok
N0.Telp : 021-882234
N0.Telp : 021-882234
Ringkasan Eksekutif
Rencana bisnis
kuliner mungkin menjadi salah satu bisnis yang banyak dilakukan pada saat ini.
Toko SiManis, merupakan bisnis makanan yang menyajikan kue . Para pecinta kue
tidak perlu takut dengan berat badan atau diabetes jika ingin mengkonsumsi kue
SiManis, karena kue dibuat dengan bahan-bahan pilihan
yang sehat. Selain itu harga kue SiManis terjangkau.
Produk SiManis
memiliki tujuan agar penikmat kue bisa merasakan sensasi baru ketika membeli
produk SiManis, dengan bahan – bahan pilihan dan cita rasa yang kuat, kami
yakin produk SiManis akan digemari oleh masyarakat. Target penjualan SiManis
untuk seluruh masyarakat
Pemasaran tokoh simanis ini dilakukan dengan
menggunakan social media dengan tujuan agar mempermudah masyarakat dengan tidak datang ke toko namun bisa
menikmati kue SiManis.
Tujuan 3
Toko SiManis ini menargetkan profit margin
sebesar 40% sehingga laju pertumbuhan dari toko
ini dapat terus meningkat pada tiap tahunnya
Pernyataan Misi
Toko Si Manis
mempunyai misi agar para pecinta kue dapat merasakan cita rasa baru dan makan
kue dengan bahan-bahan pilihan yang sehat. Selain itu agar bisnis kuliner
SiManis ini menjadi pilihan masyarakat untuk membeli atau mengkonsumsi kue ini.
Perusahaan
Toko kue SiManis ini menjual kue dengan
berbagai rasa. Melalui distribusi finegroup. Kue ini dijual kepada masyarakat khususnya masyarakat depok,
karena toko SiManis berlokasi di Depok, Jawa Barat.
Kepemilikan Perusahaan
Kepemilikan perusahaan kue SiManis adalah Persekutuan
Komanditer atau Commanditaire Vennotschaap/CV.
Sejarah Perusahaan
Perusahaan
didirikan kurang lebih baru dua tahun, dengan tujuan memberikan hidangan baru
kepada masyarakat penggemar kue. Perusahaan akan berkembang dengan berjalannya
waktu dan dengan pemasaran yang tepat. Toko dan kantor kue SiManis terletak
dikota Depok. Perusahaan ini masih tergolong sangat baru dan tim memutuskan
untuk memulai bisnis karena dari berbisnis baik kuliner ataupun yang lain akan
membuat kita banyak belajar dan berinvestasi yang tepat.
Lokasi dan Fasilitas Perusahaan
Lokasi SiManis berada di jl.margonda raya
No.50 Kota Depok. Fasilitas yang ada di toko SiManis yaitu bisa makan ditempat atau take away . SiManis
menyediakan ruangan full ac yang sangat nyaman. Status penyewaan toko SiManis
sudah menjadi status untuk kantor atau tempat usaha.
Produk dan Jasa
Pada toko SiManis
menyediakan beragam macam kue yang dapat dinikmati oleh masyarakat.
Dimana kue dapat
dibeli ditoko ataupun melalui jasa layanan antar makanan online.
Barang dan jasa saling
melengkapi dimana pada usaha ini dibutuhkan banyak jasa misal pembuat kue, dan
karyawan – karyawan yang terlibat didalamnya.
Deskripsi Barang dan Jasa
Barang/Jasa 1
SiManis
menyediakan kue, baik kue untuk ulang tahun atau acara tertentu, maupun kue
untuk makanan ringan.
Jadi kue atau
makanan ringan SiManis dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat.
Orang – orang
harus membeli kue atau produk kita karena harga yang terjangkau dan cita rasa
yang kuat dan berbeda.
Sifat penjualan
toko SiManis adalah dengan menjual kue dengan harga yang cocok untuk semua
kalangan, dan dengan fasilitas di toko yang akan membuat konsumen untuk datang
dan membeli.
Layanan
Konsumen/Tindak Lanjut Layanan
SiManis
menawarkan pelayanan baik datang langsung ke toko, atau dengan aplikasi
pengantar makanan online. Kita menawarkan produk kita berdasarkan fakta dan
kualitas agar masyarakat puas dengan SiManis.
Analisis Pasar
Analisis Industri
Toko kueh ini berdiri pada daerah ramai
penduduk. Rata-rata mahasiswa, pekerja kantoran, mall, dan lainnya. Untuk
saingan bisnis yang ada disekitar toko terdapat toko makanan fast food, makanan
rumahan, kafe, dan lain sebagainya. Dengan adannya toko kueh ini diharapkan
dapat membuat sesuatu yang beda dari toko lain.
Peramalan Pasar/ Pasar Sasaran
Toko kue ini memiliki pasar yang cukup baik.
Karena rata rata yang berjualan di sekitar toko kebanyakan menyediakan makanan
berat. Jadi peluang untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan kue ini cukup
besar
Kunci untuk Sukses
Kualitas Bersaing 1
Kualitas rasa kue yang tinggi
Kualitas Bersaing 2
Harga yang diberikan sangat ekonomis
Kualitas Bersaing 3
Kenyamanan pelanggan menjadi prioritas kami
Strategi Bisnis dan Implementasi
Pada toko kue kami menyediakan beraneka ragam
jajanan kue manis yang menyediakan beraneka ragam rasa yang setiap minggunya
akan ada rasa atau varian baru
Periklanan
Media untuk mempromosikan toko simanis ini
adalah dengan menggunakan social media, spanduk, dan brosur.
Strategi Pemasaran
Toko simanis ini memfokuskan pada
mahasiswa/mahasiswi dan pekerja kantoran yang sering melakukan ngumpul ngumpul
Rencana Penjualan
Penjualan ini dilakukan dengan cara online,
datang ke toko, atau pun telfon. Toko simanis ini menggunakan tenaga penjualan
yang sudah terlatih. Karyawan yang bekerja setiap bulannya diberikan gajih
secara intensif
Analisis Strategi
Kami berusaha untuk bekerja sama dengan para
client kami atau para produsen sehingga kami mendapat tambahan pemasukan
sebagai komisi/alternatif pemasukan yang dapat dikembangkan di kemudian hari
sehingga kami bisa berkembang. Kami juga ikut serta dalam distribusi barang
dengan tambahan biaya namun dapat mempermudah konsumen produk dan kami menerima
permintaan untuk mencarikan kebutuhan konsumen saat ini, sebagai alat/strategi
kami mengetahui selera pasar dan menjadi inspirasi buat kami untuk maju
mengikuti selera pangsa pasar. Untuk pemasaran bersama menjadi saling
menguntungkan kami memberikan dan membantu produsen dalam pelayanan jasa
periklanan dengan harga terjangkau dan kami ikut terangkat karena semakin
banyak iklan yang kami buat semakin banyak id kami disebarkan dan diketahui
para pengguna internet.
Organisasi
Toko kami terdiri dari 5 bagian yaitu: Sekretaris,
Marketing, Teknisi dan Bendahara.
Jumlah Pegawai Tetap: 5
Jumlah Freelance : 3
Tim Manajemen
Nama, Posisi dan Latar Belakang
Nama : Sovina
Posisi : Pemimpin Perusahaan
Latar Belakang : Sovina adalah seorang
mahasiswi gunadarma semester 7. Orang yang aktif ia selalu mengikuti kegiatan
di kampus maupun diluar kampus. Orang yang termasuk pekerja keras
Nama : Viona
Posisi : Sekretaris
Latar Belakang: Viona adalah seorang mahasiswi
gunadarma semester 7. tergolong orang yang kurang aktif melakukan kegiatan
didalam kampus. Tetapi jika dibutuhkan dia siap membantu dan bekerja sama tim
dengan baik
Nama : Novi
Posisi : Bendahara
Latar Belakang: Novi seorang mahasiswi
gunadarma semester 7. Bisa mengatur
keuangan dengan baik.
Nama : Deni
Posisi : Teknisi
Latar Belakang: Deni seorang mahasiswa
gunadarma semester 7. Walaupun orang nya pemalas dalam urusan perkuliahan,
tetapi selalu siap jika diberikan tugas dalam tugas berkelompok ataupun tugas
individual.
Nama : Dita
Posisi : Marketing
Latar Belakang: Dita seorang mahasiswa
gunadarma semester 7. Orang yang tergolong tepat waktu dan disiplin juga teliti
dalam menghitung. Juga sangat senang bekerja dalam tim.
Nama : Yunis
Posisi : Marketing
Latar Belakang: Yunis seorang mahasiswa
gunadarma semester 7. Berjiwa pemimpin, tegas dalam bertindak, disiplin waktu
dan bisa diandalkan di dalam tim
Kesenjangan Tim Manajemen
Dari awal
dibangun nya Toko Kue SiManis ini memang karena dilatar belakangi kesukaan tim
dengan kue dan dimana latar belakang tim adalah di bidang Teknologi Informasi,
maka kami merasa perusahaan kami masih kekurangan dalam hal mengurus keuangan
dan hukum bisnis kami. Kami akan mengatasi nya dengan membuka lowongan posisi
bidang keuangan dan hukum.
Pertimbangan Tim Manajemen Lainnya
Dalam menjalani
bisnis kami, dari awal kami sudah bertekad untuk tidak menjadikan pesaing
bisnis kamis sebagai lawan. Karena kami yakin setiap bisnis memiliki
“keuntungan” nya masing-masing. Karena ketika kami fokus pada persaingan kami
pasti hanya akan memikirikan bagaimana caranya mendapatkan keuntungan besar
dengan berbagai cara tanpa dan mengakibatkan kami tidak memiliki hubungan yang
baik dengan pesain. Sedangkan toko kami sesuai dengan nama nya SiManis, kami
ingin memiliki hubungan yang manis tidak hanya dengan customer tapi juga dengan
pesaing.
Analisis Keuangan
Jelaskan
atribut keuangan utama perusahaan kita, misalnya proyeksi aliran kas, dan
keuntungan bersih untuk tiga tahun kedepan; return on investment; atau internal
rate of return. Jelaskan fluktuasi yang mungkin terjadi dari penjualan musiman.
Rencana Keuangan
Sepanjang
proyeksi pro forma, kita perlu meringkas point-point penting dari rencana atau
strategi keuangan kita. Rincilah bagaimana kita Specify how you merencanakan
keuangan kita.
Kapitalisasi dan biaya Start-Up
Bagian
ini mencakup biaya start-up dan tabel kapitalisasi. Ringkaslah informasinya
dalam tabel tersebut dalam paragraph awal Garis bawahi total biaya yang
dibutuhkan untuk memulai bisnis kita, identifikasi asset utama perusahaan,
dan/atau daftar pemilik dan investasi mereka.
Catatan: Jika perusahaan
kita sudah berjalan abaikan bagian ini.
Biaya Start-Up
Laporan Keuangan
**Bagan ini harus diisi untuk melengkapi
rencana bisnis kita.
Estimasi Biaya
Catatan: Pengeluaran dapat dibuat daftar apakah
tetap atau variable. Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah dari bulan ke
bulan sesuai volume penjualan. Misalnya, sewa dan asuransi adalah biaya tetap.
Biaya variable adalah biaya yang akan berubah sebagai akibat perubahan volume
penjualan.
Komentar
Posting Komentar