LAKSMANA

Laksmana Widagda atau yang kerap disapa Laksmana adalah putra ketiga dari Prabu Dasarata yang merupakan raja dari kerajaan Kosala dengan ibu kota Ayodhya bersama permaisuri keduanya yang bernama dewi Sumitra yang merupakan putri dari Prabu Ruryana raja negara Maespati. Laksmana 4 bersaudara, 2 diantaranya seayah lain ibu, kakak sulungnya yang bernama Ramawijaya/Ramadewa/Ragawa dari permaisuri dewi kausalya, kakak keduanya yang bernama bharata dari dewi kekayi, dan adiknya sekaligus kembarannya bernama Satrugna. Diantara ketiga saudaranya, Laksmana memiliki hubungan yang sangat dekat dengan kakak sulungnya.  Sejak remaja, Laksmana dan Rama berguru kepada Wismamitra sehingga menjadi pemuda tangguh. Berkat keberhasilan Rama menarik busur pusaka milik Prabu janaka, ia dihadiahi putri sulungnya bernama Shinta, sedangkan Laksmana dinikahkan dengan Urmila, adik Shinta.
Singkat cerita, Prabu Dasarata menikahi Dewi Kekayi karena belum mendapat momongan dari permaisuri Kausalya, dan syarat Dewi Kekayi pada saat itu adalah ketika ia dinikahi dan mendapatkan anak, maka kelak anak itulah yang akan menggantikan Prabu Dasarata menjadi raja, dan pada saat itu syarat tersebut disetujui sang raja. Namun sambil berjalannya waktu, Dewi Kausalya mengandung Rama, Dewi Kekayi mengandung Bharata, dan selir lainnyapun juga mengandung.
Ketika Prabu Dasarata lanjut usia, Rama yang adalah putra sulungnya ditunjuk untuk menggantikan posisinya menjadi raja, namun ketika waktu pelantikan telah tiba, Dewi Kekayi datang dan mengingatkan kembali janji Prabu Dasarata  di waktu yang lalu, meminta agar Bharata yang dinobatkan sebagai raja dan Rama harus diasingkan ke hutan selama belasan tahun, seketika itu juga sang Prabu jatuh pingsan tak sadarkan diri hingga akhirnya beliau tutup usia. Rama dan Shinta yang diikuti oleh Laksmanapun segera mengasingkan diri ke hutan Dandaka. Namun Bharatapun merasa keberatan dengan kepergian saudara-saudaranya, karena Bharata beranggapan bahwa kakaknyalah yang pantas menjadi raja bagi negara Ayodya. Bharata segera menyusuli Rama ke hutan, sesampainya di hutan, Bharata memohon agar Rama bersedia untuk kembali dan menjadi raja namun Rama menolak. Bharata terus memohon, melihat adiknya yang terus memohon kepadanya, Rama memberikan mandat lewat alas kakinya agar Bharata bersedia memegang kerajaan menggantikan Rama untuk sementara waktu. Bharatapun setuju lalu kembali ke kerajaan.
Dalam kehidupan mereka selama berkembara di hutan ada banyak cobaan dan peperangan yang mereka hadapi. Setelah berakhirnya perang Alengka, Laksmana dan Ramawijaya beserta Dewi Sinta kembali kenegara Ayodya, dengan setia Laksmana tetap membantu Prabu Ramawijaya mengatur tata pemerintahan negara Ayodya.
Ia meninggal dalam usia lanjut, dan jenazahnya dimakamkan di gunung Kutarunggu berdampingan dengan makam Prabu Ramawijaya.

referensi:





Komentar

Postingan populer dari blog ini

FITUR, MANFAAT, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DARI BEBERAPA CONTOH APLIKASI NEW MEDIA

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

KEPITING LABA-LABA RAKSASA